santri

santri

Selasa, 15 Maret 2016

Sejarah Madrasah Tsanawiyah Ponpes Nurul Ulum

Madrasah Tsanawiyah merupakan sekolah Menengah Pertama setara SMP yang berlandaskan Agama Islam. Madrasah yang berlokasi di jalan Aipda Satsui Tubun 17 kebonsari Sukun Malang ini telah ditetapkan sebagai salah satu dari beberapa MTs Swasta terbaik di Malang. Di komplek inilah berdiri tiga Madrasah Terpadu yang terdiri dari Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Madrasah Terpadu ini secara berkesinambungan terus berpacu dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pelaksanaan pendidikan, sehingga saat ini telah menjadi salah satu komplek sekolah yang favorit di kota Malang.
Hal ini nampak melalui berbagai prestasi yang telah dicapai oleh MTs Nurul Ulum Malang baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, grafik prestasi MTs Nurul Ulum Malang baik akademik maupun non akademik terus meningkat. Dalam bidang akademik, tahun 2011/2012 lalu sekitar 75 persen alumninya berhasil diterima di beberapa Sekolah Menengah Lanjutan baik negeri maupun swasta. Selain itu, dalam bidang non akademik pun selama ini MTs Nurul Ulum Malang telah menunjukkan prestasi yang luar biasa. Antara lain baru-baru ini MTs Nurul Ulum Malang telah mengirimkan tim KIR-nya dan lolos seleksi hingga Jakarta pada bulan Juli 2011.
Sukses MTs Nurul Ulum Malang ini bukan saja ditentukan kualitas siswanya, tetapi keberhasilan MTs Nurul Ulum Malang diperoleh melalui proses pembelajaran yang tidak lepas dari peran pendidik yang giat mengadakan WorkShop, seminar, dan pelatihan-pelatihan. Keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerja keras, komitmen, pembaharuan, dan kebersamaan yang telah dibangun dan dilakukan secara terus menerus oleh para pimpinan Madrasah dan seluruh civitas akademika MTs Nurul Ulum Malang selama ini. Terlebih lagi, hal ini disebabkan oleh faktor penghargaan pemerintah yang menyebut bahwa madrasah adalah sekolah umum bercirikan agama dengan penghargaan ijazah yang sama dengan ijazah umum dan plus pendidkan agamanya.
Sekolah yang dipimpin oleh Drs. H. Moh. Mungiz sebagai Kepala Sekolah mempunyai rencana dan strategi yang baru dan membawa suasana lain dalam kepemimpinannya, sehingga menurut beliau percepatan perkembangan agama Islam harus diimbangi dengan sarana pendidikan yang memadai untuk mendidik kader-kader islami yang tangguh. Bahkan beberapa guru dan pegawainya telah menyelesaikan jenjang S1 dan S2 di universitas negeri dan swasta.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pelayanan. “Tidak pandang sekolah madrasah negeri, swasta, kalau bisa memberikan pelayanan terbaik akan diminati masyarakat. Dengan pelayanan dan diimbangi prestasi maka masyarakat akan senang.” Dalam pembelajarannya, di MTs Nurul Ulum Malang menerapkan sistem Full Day School plus dengan asramanya karena MTs Nurul Ulum Malang berada di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Ulum Malang. Ful Day School ini merupakan kegiatan belajar sehari semalam penuh. Dimana siswa memulai kegiatannya pukul 02.30 WIB dan di akhiri pada pukul 22.00 WIB. Setiap kali masuk kelas dan mengawali pelajaran, siswa selalu dibiasakan untuk berdo’a dan dilanjutkan mengaji secara bersama sama.
Tak seperti di sebuah madrasah, inilah kesan pertama di MTs Nurul Ulum Malang. Sebagai sekolah sehari penuh atau Full Day School, para siswa mengatur siasat agar bisa menikmati pelajaran tanpa jenuh. Di MTs Nurul Ulum Malang, guru bukan jadi sosok yang ditakuti, penjelasan guru tak lagi didengar dengan terpaksa. Di MTs Nurul Ulum Malang guru bagaikan sahabat sumber ilmu. Di dalam kelas, siswa telah disediakan berbagai fasilitas yang dapat membantu siswa dalam belajar. Sehingga dengan demikian tujuan meningkatkan kualitas lewat Full Day School akan tercapai kalau siswa itu dapat merasakan senang dalam belajar, sedangkan guru merasa enjoy dalam memberikan pelajaran.
Di MTs Nurul Ulum Malang, siswa bebas berekspresi sesuai keinginan mereka. Seperti di dalam kelas, siswa dapat menghias dan didesain sesuai dengan selera mereka atau otonomi kelas sehingga menciptakan sekolah sebagai rumah pertama adalah tujuan MTs Nurul Ulum Malang. Prinsip pendidikan berbasis sekolah berjalan efektif di MTs Nurul Ulum Malang. Sekolah yang menentukan model pendidikan terbaik untuk sekolah mereka. Di MTs Nurul Ulum Malang, siswa tak lagi menjadi murid pasif yang mennunggu arahan sang guru. Di MTs Nurul Ulum Malang, siswa bebas bersuara untuk masa depan mereka.
Visi dan Misi Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Malang
1.     VISI : Islami, Populis, Mandiri dalam masyarakat,? Handal dalam Iptek dan Imtaq.
2.     MISI :
o    Menyelenggarakan pengajaran yang berorientasi pada nilai Plus.
o    Menghasilkan lulusan yang memiliki Kemandirian, Inovatif, Kompetitif terhadap semua perkembangan dan kebutuhan.
o    Menumbuhkan sikap dan prilaku yang amanah, berakhlakul karimah, berfikir ilmiah, dalam segala tindakan.
o    Mampu memberikan nilai manfaat di masyarakat, bangsa, negara serta agama.
Tujuan Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum
1.     Menghasilkan out put yang memiliki kemampuan akademis, dilengkapi kemampuan agama, sehingga disamping menjadi manusia berilmu juga menjadi insan yang bertaqwa kepada Alloh yang mampu berperan aktif secara ganda di masyarakat.
2.     Menghasilkan lulusan berguna dimasyarakat, menciptakan lapangan kerja sendiri, memiliki daya saing yang cukup tinggi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
3.     Menghasilkan lulusan yang dapat menjadi tauladan masyarakat dalam bertingkahlaku, bersikap, serta mengedepankan berfikir secara ilmiah, rasional dalam segala tindakan.
4.     Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas, sehingga tidak menjadi pengangguran.



*Dikutip dari www.nurululum.com

0 komentar:

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Posting Komentar